Selasa, 26 Mei 2009

Penerapan Prosedur Kerja Yang Optimal

1. Penerapan Prosedur Kerja
Yaitu suatu kegiatan mendokumentasikan standar dan aturan kerja sebagai dasar dalam melakukan aktivitas kerja reguler.
Prosedur kerja ini akan sangat berguna sebagai acuan utama bagi tiap karyawan dalam melakukan pekerjaan dan untuk menghindari tumpang tindih pekerjaan dengan departemen lainnya atau dengan kata lain untuk memastikan siapa yang bertanggung jawab terhadap suatu proses dan hasilnya.

Selain itu prosedur kerja adalah suatu sistem yang dapat menghilangkan ketergantungan pekerjaan hanya pada seorang karyawan, karena dengan adanya prosedur kerja ini seorang karyawan baru pun dapat melakukan perkerjaannya hanya dengan mengikuti prosedur kerja saja.
Jangan sampai Anda lupa untuk memperbaharui prosedur kerja jika terdapat perubahan dalam proses kerja bila memang dibutuhkan.
Bagaimana, penting sekalikan keberadaan prosedur kerja?

Hal-hal yang harus diperlihatkan dalam pembuatan prosedur kerja (flowchart) adalah :
a. Judul
b. Nomor dokumen
c. Tanggal dan nomor revisi (apabila ada)
d. Tanggal mulai
e. Halaman
f. Flowchart
g. Penanggung jawab
h. Penjelasan
i. Dokumen

2. Penerapan dan Optimalisasi


Yaitu suatu kegiatan untuk mengembangkan departemen yang sudah ada atau membangun departemen yang belum ada.
Tentu saja, departemen yang akan terbentuk harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar